Thursday 22 July 2010

Siapa yang tidak kenal dengan istilah SEO dalam dunia persilatan blog dan website. Apalagi diera web versi 2.0 atau generasi web yang sudah merupakan suatu komunikasi 2 arah antara si empunya dan pengunjung website/blog yang sudah semakin menjamur. Mulai dari blog yang hanya berisikan curhat, blog diary, blog yang berisikan tips dan trik suatu ilmu, kumpulan berita-berita dari blog/website lain yang lebih dikenal Media Grabber, blog yang berisikan catatan perjalanan seseorang, blog yang isinya mencela, dan lainnya. SEO sangat perlu untuk website/blog mereka.
Beruntung, saya menjadi salah satu peserta yang bisa sedikit banyaknya menyerap ilmu SEO yang diberikan oleh pakar SEO-nya sendiri dalam acara Seminar Bodoh sekali Anda, kenal Internet tapi tidak menghasilkan uang. Seminar ini dibawakan langsung oleh Ali Akbar, seorang pakar SEO yang sudah mendapatkan sertifikasi dari Search Engine Academy pada tahun  2009 dan Adwords Qualified Professional dari Google Inc. Detail seorang Ali Akbar ini bisa dilihat di blognya.   Ada 10 ide yang disharing dalam seminar cara menghasilkan uang dari Internet ini.
Untuk tidak memperpanjang mukaddimah yang bisa membuat ngantuk, maka perkenankanlah saya untuk mulai membahas satu demi satu ide-ide tersebut…. :)
1. Email
Awalnya saya tidak paham maksudnya. Email kok menghasilkan uang? Jangan-jangan seperti Email SPAM yang dikirimkan oleh saudara-saudara kita yang beralamat di Afrika sana. Mereka butuh rekan untuk mencairkan dana yang “katanya” ada sekian ribu atau juta USD.. Hmm… apa itu maksudnya? Tidak! (sambil mengarahkan telapak tangan dan lima jari ke anda, hehehe… kampanyenya udah lewat :) )   Maksud cara menghasilkan uang dari email ini adalah cara yang halal dan legal selegal-legalnya (oops, emang ada bahasa gitu?) Bagi yang suka membuat database email pelanggan, teman, relasi atau email-email lainnya.. Anda sangat beruntung. Pergunakanlah database tersebut. Bukan untuk SPAM dan bukan untuk keperluan kejahatan. Anda bisa menjadikan database tersebut menjadi lahan uang untuk program Join Venture. Maksudnya? Yups, Anda bisa menjadi broker/pialang/perantara atau apapun namanya untuk menjual suatu produk dari pihak lain. Jika produk tersebut laku dari beberapa pemilik email yang anda kirimkan, Anda akan menuai hasilnya. Berapa pemilik email yang deal untuk produk tsb agar kita mendapat bonus? Beda-beda, Bung.. Tergantung programnya.
2. Video
Ini juga menjadi salah satu yang membuat saya bingung. Kok Video bisa menghasilkan uang dari Internet? Apa kita kumpulkan video-video di internet, lalu kita jual selayaknya jualan vcd bajakan? Sekali lagi, TIDAK! (gak usah niru iklan politik lagi) Anda punya ilmu dan mau narsis merekam tutorial ilmu tersebut, Anda akan menghasilkan uang. Kata Pak Ali Akbar, jika tidak mau narsis, anda tidak akan bisa menerapkan pada diri Anda sendiri. Kan bisa memakai model lain untuk direkam? Sekali lagi, benar.. Cuma, brandingnya akan menjadi Anda atau model tsb? Nah, video tsb kita letakkan di youtube untuk promosi. Namanya juga promosi, buat singkat, padat dan bikin orang penarasan. Tulis juga di tag atau nama filenya bahwa ini bisa dilihat utuh di website anda. Nah, untuk versi panjang dan lengkapnya, upload file tersebut ke Ziddu. Setiap kali di download, kita akan dapat uang. Receh? kalau dikumpul, apa masih dibilang receh? Makanya, pertama-tama adalah ciptakan Branding agar orang semakin banyak yang mendownload.
3. Messenger
Skype, MSN, Gtalk, YM! dan lainnya adalah inti dari point ini. Jika branding kita kuat, kita bisa membuka jalur konsultasi via Messenger ini. Mereka bayarnya gimana? Pasti sudah banyak yang tau. Zaman sekaranng ini, orang semakin sering menggunakan istilah online. Jalanan macet ditambah hujan, becek dan gak ada ojeg :) tentunya konsultasi via online juga akan sangat menguntungkan. Konsultasi apa? banyak lah.. Konsultasi SEO atau belajar Blog, misalnya.. :)
4. Blog
Saya tidak akan panjang lebar menjelaskan  poin ini. Sudah banyak yang tau.. PPC, PTC, PTR, Adsense, Adpoint dan lainnya adalah cara monitized dari blog.
5. Afiliasi
Kenal Habibie Habsyah? Seorang Internet Marketer yang menghasilkan banyak uang dari Internet? Beliau sangat terkenal dari sekian banyak Internet Marketer di Indonesia. Dari kursi roda dan keterbatasan fisik beliau, masih tetap mengalirkan dolar pada rekeningnya. Amazon Affiliate, Ebay, dll adalah contoh afiliasi ini. Ada juga program dari clikbank.com (program ini baru membuka diri untuk Indonesia, cuma.. dari dulu saya coba daftar, kok gak bisa-bisa? :(    )
6. Social Media
Misalnya, Facebook, Friendster, Twitter, Plurk, dll… Pasti pengguna internet sangat mengenal situs-situs ini. oo, iya.. Pak Ali Akbar sempat menampilkan sebuah video yang sangat menarik di acara ini. Menceritakan seorang Anak yang membacakan puisi berisi komplain pada Ibunya yang suka Facebook. Judulnya, “Ibuku dan Fecebook”. Sangat lucu.. Anak ini menceritakan bahwa Ibunya kemana-mana selalu membawa Notebook dan selalu membuka Facebook, sampai pernah tertawa ngakak setelah membuka Facebook.. Ke kamar, bawa notebook bahkan sampai-sampai kalau meninggal mungkin akan membawa notebook juga untuk membuka facebook, hehehe.. Baca dan lihat videonya disini
Pak Ali Akbar sangat menyayangkan jika status kita di social media tersebut hanya diisi dengan kata-kata “capek, ahh”, “bantuin aku, dong”, dll.. Kenapa tidak menampilkan link ke produk kita yang akhirnya akan membawa pengunjung lebih menganal produk kita sendiri? Misalnya contoh status bagi yang punya usaha batik: “Apa jadinya semua anggota keluarga memakai batik yang sama? Coba masuk ke link ini http://seragambatik.com/artikel-batik-untuk-keluarga.html ” Akan menambah penasaran lagi jika alamat link website yang panjang tersebut dipendekkan oleh Tiny URL atau URL Shorten lainnya.
7. Artikel
Apakah artikel kita layak untuk menghasilkan uang? Kalau artikel kita bagus, kenapa tidak? Lihat contohnya sipemilik uangpanas.com. Hanya karena artikel-artikel yang dimilikinya banyak dicari orang dan menarik perhatian orang banyak, artikel tersebut dijadikan e-book dan dijual bebas di internet. Uang, kan? Cosa Aranda juga kaya (salah satunya) dari menjual e-book yang dimilikinya..
8. Domain
Ini bicara tentang jual-beli domain. Kita punya domain, di-optimized dengan ilmu SEO dan menduduki di rangking teratas google. Kita bisa jual dengan nilai tinggi pada pebisnis yang mirip dengan isi dan nama domain kita. Sudah banyak berita-berita tentang harga-harga domain yang mahal dan pernah dijual di dunia atau bahkan di Indonesia. Kita juga bisa menjadi reseller domain dari registrar domain seperti godaddy, dll. Atau (ini versi tambahan saya sendiri/tidak dibahas dalam seminar), kita punya domain, kita bisa monitized dengan parking domain atau Adsense for Domain.
9. Hosting
Sudah umum dilakukan oleh si penjual-penjual hostingan. Rasanya, versi reseller hosting sudah sangat banyak dan sudah banyak yang tau sumber penghasilan dari sana.. Ada yang belum tau? Isi komentar untuk kelanjutannya :)
10. Search Engine
Ini adalah program monitezed dari rangkaian ide-ide diatas. Kita bangun branding dan memasarkan di internet. Kita perlu mengkudeta pemegang peringkat teratas hasil Search Engine dengan keywords yang sama dengan kita. Atau ciptakan keyword baru yang unique.
10 cara diatas, benar-benar membangkitkan semangat, gairah dan nafsu untuk berburu penghasilan dari Internet. Ambisius itu perlu gak ya..? Ada yang setuju perlu tapi perlu mengikuti kaidah-kaidah tertentu? Barrack Obama aja sangat Ambisius dan buktinya setelah 100 hari pemerintahannya……… kok jadi politik maning?, hehehe
Ada bagian kedua dari posting saya tentang oleh-oleh seminar Pak Ali Akbar ini..
Tunggu kelanjutannya, lebih detail tentang cara/teknik SEO untuk membuat Website/Blog kita menduduki posisi empuk di Google….

2 comments:

  1. Sekarang ini Catering Jakarta semakin marak bermunculan. Anda bisa dengan mudah menemukan Catering Jakarta dengan pilihan menu dan harga yang berbeda-beda. Tetapi menemukan Catering Jakarta dengan pelayanan terbaik sebagai Mitra Catering tentu bukan perkara mudah meskipun banyak Catering Jakarta dan semuanya menawarkan servis terbaik dengan harga kompetitif. Namun menentukan Catering Jakarta untuk Mitra Catering merupakan keputusan penting yang dihasilkan.
    Memilih Catering Jakarta yang berpengalaman menyediakan Catering Jakarta dengan kualitas baik dengan harga terjangkau untuk menjadi Mitra Catering Anda memang bukan urusan gampang. Untuk warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin memesan Nasi Kotak, Coffee Break, Catering Prasmanan atau Menu Gubukan, bila tidak ingin repot menyediakan semuanya sendiri, jika Anda ingin Catering Jakarta yang paling terjangkau, ketahuilah salah satu layanan Catering Jakarta terbaik yang bisa menjadi Mitra Catering untuk mendukung kebutuhan Catering Jakarta Anda adalah Dpawon Catering!

    ReplyDelete