Saturday, 26 May 2012

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan tes komunikasi untuk melihat access point tersebut memberi respon.Untuk itu,buka jendela Command Prompt pada PC yang berada pada jaringan kabel dan lakukan ping ke alamat IP access point nirkabel.Access point tersebut seharusnya memberikan respon terhadap perintah ping yang diberikan.Jika ia tidak memberikan respon, ada kemungkinan jalur komunikasi terputus atau access point tersebut benar-benar tidak berfungsi.Untuk mengetahui penyebab masalah yang terjadi,coba lakukan ping ke alamat IP access point tersebut dari klien nirkabel.Jika klien tersebut berhasil mem-ping access point,dapat dipastikan bahwa masalah yang terjadi terletak pada jalur komunikasi,misalnya kabel yang rusak.
Jika klien nirkabel tidak dapat mem-ping access point tersebut,bisa saja access point tersebut tidak berfungsi.Oleh karena itu,coba reset access point tersebut dengan mencabut dan memasang kembali kabel catudayanya.Tunggu sekitar 5 menit dan kemudian coba ping access point tersebut sekali lagi dari klien kabel maupun nirkabel.
Jika kedua ping masih saja gagal,tampaknya access point tersebut mengalami kerusakan atau memiliki konfigurasi yang salah.Pada tahap ini,kami sarankan Anda berfokus pada usaha untuk membuat access point berkomunikasi dengan jaringan kabel.
Pasang access point pada konektor jaringan yang baik dengan menggunakan kabel yang berfungsi dengan baik.Anda juga harus memeriksa konfigurasi TCP/IP access point,coba ping kembali access point tersebut dari klien kabel.JIka ping masih tetap gagal, access point tersebut mungkin rusak dan harus diganti.

0 comments:

Post a Comment