Monday 30 July 2012

Sebenarnay, banyak sekali permasalahan yang timbul pada harddisk yang timbul, diantaranya adalah sebagai berikut;
Beda Harddisk PATA dan SATA
 
Tanya:
Apa yang membedakan antara Harddisk SATA dan PATA

Jawab:
Secara fisik,terdapat perbedaan yang mencolok antara SATA (Serial AT Attachment) dan PATA (Parallel AT Attachment), yaitu pada kabel data dan kabel powernya. Jumper yang sering kita jumpai pada Harddisk PATA pun kini sudah ditinggalkan oleh tehnologi SATA.
Mengenai masalah kecepatan transfer,SATA jelas lebih unggul daripada PATA. Untuk PATA,kecepatan transfernya hanya sampai 133MB/detik. Pada PATA,kemampuan ini sudah tidak dapat dikembangkan lebih baik lagi. Kalaupun masih ada kelanjutan dari tehnologi PATA, paling hanya pengembangan di kapasitasnya saja. Hal ini disebabkan karena pengiriman data dalam kecepatan di atas 133MBps pada PATA akan dapat menimbulkan banyak masalah khususnya pada timing sinyal, electromagnetic interference,serta masalah integritas lainnya.

Adapun pada SATA,kecepatan transfernya dimulai dari kisaran 150 MBps. Ini jelas lebih baik dibandingkan kecepatan transfer pada PATA. Padahal SATA ini hanya memanfaatkan kabel tipis 7 pin, dan dengan konektor berkunci yang lebarnya hanya 14mm (0,55) pada tiap-tiap ujungnya. Dengan tehnologi ini ternyata mencapai kisaran 600 MBps. Selain itu, keunggulan SATA, yaitu kabelnya yang kecil, tipis, dan panjang tersebut ternyata juga mengkonsumsi tegangan yang lebih rendah dari pada PATA.
keamanan selama proses transfer data pun juga merupakan fitur khusus yang ditawarkan oleh para pengembang tehnologi SATA. Penyebabnya adalah kabel yang digunakan pada SATA lebih panjang daripada PATA. SATA juga mendukung fitur hot-swap yang tidak di jumpai pada Harddisk PATA.

0 comments:

Post a Comment