Saturday 14 June 2014

IP default bawaan pabrik 192.168.1.254 dan user: admin password: admin. Untuk mereset radio ap tersebut dibagian bawah ada lubang kecil, tekan menggunakan ujung ballpoint atau tusuk gigi sampai lampu indikator mati beberapa saat lalu hidup kembali.

 Catat mac address radio ap-nya.

Pada screenshoot di atas pada kolom Wireless lalu Remote MAC: xxx menandakan bahwa radio ap ini operating mode point to multipoint. Menangani lebih dari satu mac address (radio ap). Perlu di ingat kedua radio yang diset point to point harus dalam channel yang sama.

IP radio AP default 192.168.1.254 untuk alasan keaman maka diganti sesuai selera Anda. Jika Anda mempunyai lebih dari satu radio ap lebih baik IP disamakan dalam satu kelas misal: radio A IP 192.168.14.2; radio B IP 192.168.14.3; radio C IP 192.168.14.3 dan seterusnya.Dan jangan lupa lakukan save.
Wireless MAC Address Filtering ini berguna untuk menfilter MAC Address, apakah diperbolehkan atau ditolak bergabung kedalam radio AP tersebut.
Di menu ini Anda dapat mensetting SSID (nama sinyal diudara), region kita isi INDONESIA karena akan mendapat channel hingga 13. Di isian Channel dapat di isi dari channel 1 hingga 13 disesuaikan dengan keadaan diudara channel WiFi yang telah digunakan. Pilih channel yang terpakai paling sedikit atau belum sama sekali.
Jika Anda mempunyai radio AP yang bersebelahan lebih baik channel dibuat beda.
Di isian power, pilih dan centang High Power Mode. Selesai tekan save.
Wireless Mode Settings. Berdasar pengalaman kami agar sinyal WiFi rtrwnet Anda juga ikut menyebar dan link stabil pilih/centang Bridge (Point to Point) atau (Point to Multipoint).
Caranya:
Masukan MAC ADD radio ap pelanggan/client kedalam isian radio AP milik Anda dan sebaliknya.
Seperti contoh diatas, menandakan radio AP ini berhubungan sekaligus dengan dua radio ap client dengan wireless mode Bridge (Point to Multipoint).MAC ADD tersebut merupakan radio AP client atau milik pelanggan.
Wireless Security terserah Anda dapat di enable atau disable.Bagi rtrrwnet baru yang masih mencari pelanggan atau menggunakan Hotspot Captive Portal lebih baik di disabl.
Jangan lupa untuk mengganti radio ap user dan password default (bawaan pabrik) demi keamanan. Catat user/password baru tersebut dan jangan sampai lupa jika sampai lupa maka untuk radio ap tplink, Anda harus memanjat tower untuk meresetnya.
Setelah selesai melakukan perubahan maka jangan lupa di save dan reboot.Reboot perlu dilakukan setiap maksimal dua minggu pada radio AP yang selalu hidup/on terus. Jika tidak melakukan reboot lama kelamaan membuat koneksi menjadi lambat dan menimbulkan RTO.

Semoga tutorial singkat ini dapat berguna bagi Anda pemilik rtrwnet dimanapun dan khusunya bagi Mas Adi (Natasha Online) di Medan Helvetia Kota Medan.




0 comments:

Post a Comment