Saturday 22 February 2014

 Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bekerja Pada windows 7


 Seringkali sebuah layanan khusus windows bernama Bluetooth Support Service tidak berfungsi atau disabled. Hal ini bisa disebabkan ketidak-sengajaan pemakainya, serangan virus atau malware, atau perangkat bluetooth yang kelelahan karena terlalu sering dipakai, atau malah dimatikan secara otomatis oleh windows gara-gara jarang dipakai dan tetap dihidupkan sebab Windows memandang hal itu dapat mengurangi efektifitas kinerja komputer. Oleh sebab itu anda harus mengecek ke lokasi langsung layanan tadi, dan mengaktifkan kembali layanan tersebut. Maka langkah langkahnya adalah sebagai berikut:

1.    
1.      buka menu start, lalu ketikkan  langsung pada start menu services pada windows 7 atau services.msc. pada fitur run windows XP. Klik sehingga jendela services terbuka.




  2.   Setelah menu services terbuka, anda cari pada list sevice menu tulisan “bluetooth service dan lihat apakah statusnya dalam keadaan started atau disabled. Jika tertulis disabled atau malah kosong tanpa tulisan sama sekali, kemungkinan memang inilah penyebab utama bluetooth laptop anda tidak berfungsi.

 . 3.     Double klik atau klik kanan pada tulisan Bluetooth Service atau Bluetooth Support Service tersebut dan pilih properties. Lalu anda tekan Start. Jangan lupa pilih Automatic pada menu drop-down Startup Type agar layanan bluetooth pada laptop anda bisa dikonfigurasi secara otomatis. Nah, sekarang coba anda kirim file anda pakai bluetooth. Jika belum berhasil, silahkan anda shut down laptop anda dan hidupkan kembali. Pasti berhasil.


#  Jika anda telah mencoba cara di atas dan fitur bluetooth anda belum sembuh juga, kemungkinan besar masalahnya terletak pada Driver atau malah pada Hardware komputer anda. Untuk masalah ini,beberapa  langkah-langkah yang dapat anda coba adalah sebagai berikut: 

1. Download dan instal driver bluetooth atau bluetooth stack  yang paling terbaru di laptop anda. Anda bisa mengeceknya di alamat perusahaan laptop itu, misalnya www.asus.com, dan sebagainya. Bagi yang menggunakan laptop Toshiba, silahkan kunjungi http://aps.toshiba.tro.de/bluetooth/pages/download.php.
    2.  Jika laptop anda memiliki antena WLAN yang ter-built in bersama antenna bluetooth, lihat apakah antena switch bluetooth pada laptop anda sudah on. Jika belum tekan tombol FN pada keyboarb,  dan tekan f8 untuk mengaktifkannya (biar lebih detail gunakan maouse,dan kilik icon wireless)
Coba anda cek  apakah bluetooth card anda masih terinstal dengan benar atau tidak, atau malah sudah rusak, anda bisa bawa untuk diservice ke ahli/teknisi komputer. Atau anda relakan saja fitur bluetooth anda. dan masih bisa menggunakan USB atau kabel data untuk sekedar transfer file antar laptop dan ponsel. Kecuali jika anda mau menggunakannya untuk mouse atau headset wireless, baru anda mau benar-benar memperbaikinya.


0 comments:

Post a Comment