Saturday 22 February 2014


TENTANG ICT


  • Perkembangan hardware di indonesia.


Hampir semua bidang dalam kehidupan mansia tidak terlepas dari teknologi, terlebih dalam bidang komputer. Ini dapat dilihat dari keseharian orang-orang yang sudah banyak berpindah dari sistem manual menjadi sistem yang lebih mudah dan terkomputerisasi. Misalnya dalam penulisan dokumen, dulu orang cenderung menggunakan mesin ketik manual namun sekarang orang lebih suka mengetik menggunakan laptop atau PC untuk penulisan dokumen. Contoh lainnya dapat dilihat pada supermarket, dimana sistem pembayaran kasirnya sudah menggunakan peralatan komputer otomatis yang memang dirancang untuk kebutuhan pembayaran. Pembayaranannya pun sekarang dapat dilakukan dengan kartu kredit dan alat penghitungnya yang dapat mengirimkan informasi keuangan si pemilik kartu kredit tersebut kepada Bank yang bersangkutan. Musik pun tak luput dari perkembangan hardware yang dulu musik hanya dapat dinikmati dalam piringan hitam atau kaset, kini sudah mulai dikemas dalam bentuk CD yang dapat diputar menggunakan komputer multimedia. Tidak hanya itu, di zaman sekarang sudah banyak music player sebagai pengganti piringan hitam yang lebih mudah dalam penyimpanan, memiliki kapasitas memori yang besar, dan dapat dibawa kemana saja. Semua hanya dalam satu tombol dan musik favorit kita dapat didengar kapan saja dan dimana saja. Perkembangan hardware dibidang kesehatan juga mengalami kemajuan yang sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.

  • Perkembangan Software di indonesia.


Perkembangan software di indonesia beserta perangkatnya berkembang sangat pesat. Ini ditandai dengan semakin banyaknya para pembuat software. Tidak hanya untuk keperluan bisnis, untuk keperluan pembelajaran juga tidak kalah pesatnya.
Pada awal perkembangannya, software pendidikan lebih didominasi oleh software dalam bentuk tutoriall misalnya tutorial belajar Windows XP, tutorial belajar MS Word dll.
Dalam perkembangan berikutnya, kini juga sudah mulai dikembangkan software pendidikan yang berfungsi untuk membantu proses belajar mengajar, mulai dari system penerimaan siswa, penjadwalan mata pelajaran, system pembuatan nilai dll.
Beberapa contoh produk software pendidikan yang ada di Indonesia :
• Pesona Fisika dan Pesona Matematika untuk SMP, SMA dari Kuantum Inti Dinamika
• Software EduGames Maximize Studio untuk tingkat SD
• Software Anak Cerdas dari Akal Interaktif
• Software Tutorial Komputer dari BambooMedia, dll
• PT Elex Media Komputindo (EMK) untuk prasekolah, TK dan SD
• PT Citra Andra Media (CAM Solution) yang meluncurkan software pendidikan dengan merek AnimasiMAFIA, yang meliputi bahan ajar Matematika, Fisika dan Kimia
• Acatech, ia adalah pemain baru didunia software pendidikan, namun tampil dengan konsep baru. Ia menyediakan software untuk membantu proses belajar mengajar untuk SD, SMP dan SMU, menyediakan 15 modul.
Seiring dengan perkembangan tersebut diatas, mau atau tidak mau era kompetisi kualitas pendidikan semakin ketat, semakin kita menjauhi, maka kita akan semakin tertinggal.
Penerapan teknologi tidak harus selalu menjadi “barang mewah” untuk sekolah-sekolah di Indonesia, khususnya sekolah yang minim dari segi pengadaan biaya. Turning Point-nya adalah bagaimana menciptakan rekayasa teknologi yang tepat guna dan tidak mahal.


  • Brainware.

Brainware atau Perangkat Manusia adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer.

  • Peralatan TIK.

 1. Hardware
Hardware atau disebut perangkat keras adalah peralatan fisik yang terdapat pada komputer. Berikut ini beberapa contoh hadware
-Printer adalah alat untuk mencetak informasi atau gambar ke kertas
-Keyboard adalah alat yangdipakai untuk mengetik data
-CPU adalah komponen dalam sistem komputer yang berfungsi sebagai pengolah
2. Software
Software atau perangkat lunak adalah program. Dengan demikian software dimasukkan ke dalam komputer agar komputer tersebut dapat melakukan tugas-tugas tertentu yang diharapkan pemakai.
Beberapa perangkat lunak yang termasuk sistem operasi adalah sebagai berikut;
-Windows 7
-Windows Vista
-Linux
-Unix
-Mac OS Lion
-IOS 5

Orang-orang yang mempunyai hubungan dengan komputer.

  • Arsitektur komputer

Komputer merupakan suatu alat pemprosessan data yang kompleks yang terdiri hari hardware dan software. Komputer digunakan untuk memudahkan manusia mengerjakan berbagai hal seperti perhitungan ataupun hal-hal yang lainnya. Komputer zaman dahulu mungkin hanya bisa mengerjakan hal-hal yang sederhana saja namun berjalannya waktu, teknologi pun semakin maju dan pesat sehingga komputer sekarang dapat membantu manusia dalam mengerjakan hal-hal yang rumit sekalipun.
Komputer kontemporer adalah mesin hitung elektronik cepat yang menerima informasi input terdigitalisasi, mengolahnya sesuai dengan daftar instruksi yang tersimpan secara internal dan memberikan informasi output hasil. Daftar instruksi itu disebut program komputer, dan penyimpanan internalnya disebut memori komputer.
Komputer yang paling umum adalah personal computer, yang banyak digunakan di rumah, sekolah, dan kantor bisnis. Personal computer merupakan bentuk paling umum dari komputer desktop. Komputer desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual dan unit output audio, dan keyboard yang dapat ditempatkan secara mudah di meja rumah dan kantor. Media penyimpanan tersebut termasuk harddisk, CD-ROM, dan disket.
Pada awalnya komputer tersusun dari perangkat keras yang masih bekerja secara mekanis dengan digerakkan oleh mesin uap maupun tenaga manusia.  Beberapa contoh komputer mekanis adalah mesin diferensial dan mesin analitis buatan Charles Babbage (1792-1871). Pada jaman modern saat ini, hampir semua komputer mengadopsi arsitektur yang dibuat oleh John von Neumann (1903-1957). Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit  pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
Pada dasarnya komputer arsitektur Von Neumann adalah terdiri dari elemen sebagai berikut:

  •     Prosesor, merupakan pusat dari kontrol dan pemrosesan instruksi pada komputer.
 
  • Memori, digunakan untuk menyimpan informasi baik program maupun data.

  •  Perangkat input-output, berfungsi sebagai media yang menangkap respon dari luar serta menyajikan informasi keluar sistem komputer.

0 comments:

Post a Comment